Taman Ahmad Yani Medan: Kawasan Terbuka Hijau di Kota Medan

Taman Ahmad Yani MedanTaman Ahmad Yani Medan

Taman Ahmad Yani Medan – Kota Medan merupakan salah satu kota terpadat di Indonesia dan dapat ditemukan di provinsi Sumatera Utara. Medan merupakan kota yang besar, jadi tentu saja memiliki banyak taman kota di dalamnya. Bahkan ada beberapa taman kota yang menjadi primadona, seperti Taman Ahmad Yani Medan. Taman Ahmad Yani Medan adalah sebuah taman kota  yang luas dan asri yang bisa ditemukan di tengah kota Medan. Taman ini selalu menarik untuk dikunjungi.

Tempat ini juga disebut taman digital yang telah diresmikan oleh Walikota Medan. Disebut taman digital karena taman ini mengusung konsep taman terbuka dan dilengkapi dengan WiFi yang dapat diakses setiap saat. Oleh karena itu, siapa pun akan dapat menggunakan layanan WiFi ini. Hal ini mendorong kegiatan belajar di taman untuk siswa dan masyarakat umum.

Disamping dari WiFi, taman ini layak untuk kalian kunjungi. Terdapat banyak pepohonan besar dan tanaman-tanaman lainnya, sehingga suasana di sini cenderung lebih sejuk dan menyegarkan.

Daya Tarik Taman Ahmad Yani Medan

Taman kota ini memiliki sejumlah daya tarik yang ditawarkan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Monumen Bersejarah

patung ahmad yani
Source: Google Maps

Taman Ahmad Yani tidak seperti taman lain di daerah ini. Menyimpan catatan terperinci tentang peristiwa sejarah di lokasi yang juga berfungsi sebagai peringatan atas pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan. Maka tidak heran terdapat monumen tokoh Pahlawan Revolusi Jenderal Ahmad Yani yang dibangun di taman ini.

Pelajar dan masyarakat umum akan belajar dari monumen ini, yang juga akan berfungsi sebagai pengenalan akan pentingnya sejarah. Pada awalnya, ada dua opsi untuk monumen yang akan dibangun. Salah satu pilihannya adalah relief yang menceritakan kisah G30S PKI, dan pilihan lainnya adalah patung Jenderal Ahmad Yani.

Monumen Jenderal Ahmad Yani akhirnya dipilih setelah diajukan ke Presiden Soekarno untuk dipertimbangkan. Ki Heru Wiryono MH adalah nama pematung yang bertanggung jawab membuat monumen ini. Pembangunan monumen ini dimulai pada tahun 1965, dan akhirnya selesai pada tahun 1968, setelah itu dipasang di kota Medan.

2. Taman yang Indah dan Asri

Taman yang ideal bagi pengunjung adalah taman yang dipenuhi pepohonan rindang. Ketika kalian berkunjung, kalian tidak akan kecewa. Taman ini memiliki berbagai jenis pohon, termasuk yang dikenal sebagai pohon roda. Ini adalah buah yang unik karena berbentuk roda dan berasal dari pohon.

Taman ini sangat bagus, dan memiliki pepohonan yang meneduhkan, yang akan membuat pengunjung tetap sejuk. Terutama untuk digunakan dalam melepas penat dari tempat kerja. Taman ini juga bisa dijadikan sebagai tempat orang dewasa bermain dengan anak-anaknya.

Lokasi ini menyediakan akses ke taman dengan peralatan bermain untuk anak-anak. Fasilitas yang terdapat di dalam taman anak sebanding dengan fasilitas yang terdapat di taman anak lainnya. Karena konsep taman ini, taman ini juga ramah anak dan mudah dinavigasi. Oleh karena itu, tidak perlu merasa khawatir datang ke sini bersama anak.

3. Melakukan Kegiatan Olahraga

Taman Ahmad Yani
Source: Google Maps

Taman ini sangat ideal untuk berolahraga karena memiliki semua fasilitas yang diperlukan. Bukan hanya di pagi hari, tetapi juga di sore hari. Kalian tidak akan kepanasan jika berolahraga di taman yang indah ini karena di sekelilingnya terdapat pepohonan untuk memberikan keteduhan.

Kalian dapat memilih dari berbagai macam olahraga untuk diikuti. Tidak mengherankan jika pengunjung taman memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak dan berolahraga dengan total luas lahan 2 hektar. Kegiatan seperti jogging, fitness di luar ruangan dengan ayunan ganda, atau bahkan menggunakan jungkat-jungkit adalah contohnya. Namun, pastikan untuk menggunakan fasilitas secara bertanggung jawab agar tidak rusak.

Tiket Masuk Taman Ahmad Yani Medan

Tidak ada biaya masuk yang diperlukan untuk mengunjungi taman ini. Pada hari kerja maupun akhir pekan, tidak ada biaya masuk, dan tiket juga tidak diperlukan. Jadi kalian lebih untung kan.

Tapi tetap bawa uang ya, karena di Taman Ahmad Yani Medan terdapat banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan, “pedagang kaki lima”. Di sekitar taman, banyak pedagang yang menjual berbagai pilihan makanan dan minuman. Kalian bisa menyantapnya sambil menikmati suasana santai sore hari.

Lokasi Taman Ahmad Yani Medan

Jalan Imam Bonjol adalah tempat kalian akan menemukan Taman Ahmad Yani Medan. Berada di Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Taman umum ini terletak di tengah kota Medan, dan cukup mudah untuk sampai ke sana.

Itulah informasi mengenai taman kota yang cantik di Medan. Bagaimana? Apakah kalian tertarik mengunjunginya dan menghabiskan quality time di tempat ini?

You May Also Like

Paket Wisata Samosir 1 Hari dari Medan

Paket Wisata Samosir 1 Hari dari Medan Buat yang Gak Punya Banyak Waktu

Pesona Pulau Salah Namo

Pesona Pulau Salah Namo: Surga Tersembunyi di Sumatera Utara

Pamah View Langkat

Pamah View Langkat, Destinasi dekat Medan yang Cocok untuk Refreshing!

Gedung Tertinggi di Medan

5 Gedung Tertinggi di Medan, Metropolis Abis!

1 thought on “Taman Ahmad Yani Medan: Kawasan Terbuka Hijau di Kota Medan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *